KulKulBali.co

Ni Kadek Sintia Dewi, Keliling Dunia Lewat Tari Bali

dalam Realita Jelita

👤3914 read komentar 🕔12 Mar 2014
Ni Kadek Sintia Dewi, Keliling Dunia Lewat Tari Bali - kulkulbali.co

Gadis Realita Jelita kali ini berasal dari kalangan seniman. Mahir menari dan menabuh gamelan Bali adalah sesuatu yang sangat melekat dalam identitas dirinya. Menjadi duta kabupaten/kota dalam Pesta Kesenian Bali sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya bagi dara yang bercita-cita menjadi guru atau dosen ini. Tahun ini, kemahirannya dalam menari berhasil mengantarkannya untuk berkeliling dunia selama 8 bulan menjadi wakil Indonesia dalam rangka pertukaran budaya.

 

Di tengah jadwal yang begitu padat, gadis manis dengan nama lengkap Ni Kadek Sintia Dewi masih menyempatkan waktu untuk melakukan wawancara dengan kami. Meskipun wawancara sempat tertunda 2 kali, tak menghapus rasa penasaran kami untuk mengenal ia lebih dekat.

Waktu menunjukkan pukul 18.34 ketika sms dari Sintia masuk. “Kak, aku uda di parkiran”. Sintia datang dengan pakaian sangat rapi, menggunakan kemeja putih dan rok hitam. Sempat terlintas dipikiran kami, jangan-jangan dia salah mengartikan wawancara kami sebagai wawancara lamaran kerja. Syukurlah, sebelum kami melanjutkan pikiran bodoh kami lebih jauh, ia telah menjelaskan lebih dulu bahwa ia baru selesai mengurus perpanjangan beasiswa di kampus.

 

Hai Sintia, apakabar? Lagi sibuk apa belakangan ini?

Hai juga, kabar baik, aku lagi sibuk dengan kegiatan dikampus dan latihan menari.

Dengar-dengar Sintia mau berangkat menari ke luar negeri ya? Dalam rangka apa?

Iya, dalam rangka memperkenalkan budaya dan kesenian bali di luar negeri .

Gimana ceritanya bisa dapat kesempatan emas itu?

Jadi gini, sanggar tempat aku sering latihan menari kedatangan tamu asing yg berasal dari Eropa, namanya Mr. Murat. Setelah dia melihat secara langsung kegiatan kami yang sedang berlatih di Sanggar Widya Anugerah, ia sangat tertarik untuk memperkenalkan seni budaya bali ke mancanegara. Lalu dia berbicara ke pembina sanggar kami, dan pembina kami pun menyetujui rencana Mr.Murat tersebut. Setelah itu dilakukan seleksi untuk memilih 8 penari dan akhirnya aku terpilih sebagai salah satunya.

Wah keren… Kapan rencananya berangkat? Bakal berapa lama di sana?

Rencananya berangkat tanggal 25 Maret ini, kurang lebih akan 8 bulan di sana.

Prestasi apa saja yang pernah kamu raih di bidang seni dan budaya selama ini?

Prestasi yang pernah aku raih selama ini, beberapa kali dipilih mewakili salah satu kabupaten/kota untuk mengikuti parade-parade kesenian seperti gong kebyar, bleganjur dan lomba-lomba lainnya. Pernah juga mengikuti lomba rias modifikasi dan menjadi salah satu dari 50 perias terbaik se-Bali.

Prestasimu di bidang seni dan budaya kan banyak banget tuh, kalau prestasi di bidang akademis bagaimana?

Prestasi akademis tidak sebanyak seperti prestasi di bidang kesenian, prestasi akademis hanya pernah mendapat peringkat 10 besar saat SMP dan SMA. Saat kuliah IPK selalu di atas 3,5.

Wah hebat ya, akademis tetap tidak dilalaikan. Gimana cara ngatur waktunya? Kan kegiatanmu banyak banget

Pintar-pintar mengatur waktunya aja. Kalau ada kegiatan yang berbenturan dengan jadwal kuliah, tetap selalu kordinasi dengan dosen pengajar dan melampirkan surat dispensasi baik kegiatan itu menyangkut acara di dalam maupun di luar kampus.

Trus kapan dong kamu luangin waktu buat belajar materi kuliah?

Setiap ada waktu luang aku usahakan mengisinya dengan belajar dan membuat tugas dari kampus.

Hahahaha…. Wajahnya ga meyakinkan gitu jawabnya… Dengan kegiatan segitu banyaknya, ada waktu buat pacaran ga?

Saat ini tidak ada waktu untuk pacaran karena saat ini lagi gak ada pacar hahahahha…

Serius? Kamu pasti terlalu pemilih banget ya untuk urusan pasangan?

Iya 2rius. Bukan terlalu pemilih, tapi rasional dalam memilih pasangan. Aku ingin mencari pasangan yg benar-benar ingin serius dan menerima aku apa adanya.

Uda pernah pacaran berapa kali?

Aduh pertanyaannya bagus sekali hahahha, baru pernah pacaran sekali pas masih jaman SMA…

Hah? Baru sekali? Serius?

Serius… Ga percaya banget sih…

Ya kan dengan semua kelebihan yang kamu punya, harusnya bisa lebih dari sekali… Hahaha… Kenapa ga nyari pacar lagi? Trauma?

Hahaha,, jujur aja pacaran itu menyakitkan menurut aku. Biasanya kalau punya pacar,terus tiba-tiba berantem, pastinya bikin galau. Itu otomatis akan mengganggu kegiatan aku. Jadi masih sangat menikmati kesendirian, biar bisa lebih fokus ke kegiatan tanpa gangguan apapun. Hahaha…

 

Wah, berita buruk nih bagi para cowok-cowok… Ternyata Sintya belum mau buka hati lagi… hahaha… Kasi bocoran dong, tipe cowok kayak gimana yang bisa memikat hatimu?

Ah ndak juga, kalau ada yang bisa bukain hati aku, pasti aku terima hahaha… Hmmm.. cowok yang mandiri dan yang paling penting harus setia.

Apa arti kesetiaan menurutmu?

Kesetiaan menurut aku… ya jika sudah memiliki status dengan seseorang harus tetap pada pasangannya dan tidak memiliki pasangan lain diluarnya.

Oh gitu toh arti setia… Kamu sendiri pernah selingkuh ngga?

Ndak dong, aku paling anti yang namanya selingkuh. Paling gak bisa nyakitin perasaan orang walaupun aku sendiri sering tersakiti hahahha….

Emang pernah disakiti kayak gimana?

Diselingkuhin berkali-kali dengan bodohnya selalu aku maafin dan aku berikan kesempatan berubah, tapi ujung-ujungnya aku di tinggalin juga, nyesek kan??????

Wow… speechless dengarnya… Pantes aja Sintia kelihatan kayak trauma pacaran gitu… Btw kamu ngerasa ngga pergaulan anak muda sekarang semakin bebas?

Ngerasa banget, buktinya sekarang anak SMP aja sudah banyak yang terjerumus ke pergaulan bebas.

Apa pendapatmu tentang pasangan pacaran yang sudah ML sebelum menikah?

Hmmm… Pendapat aku tergantung dari pasangan tersebut, setiap perbuatan kan pasti ada risikonya. Kalau pasangan itu sudah yakin dan berani menerima risikonya, ya lakukan saja.

Kira-kira… Mana yang lebih menyakitkan menurutmu, mengetahui pasanganmu selingkuh atau mendengar kejujuran dari pasangan bahwa dia sudah pernah ML dengan mantannya?

Gimana ya?? Keduanya menyakitkan sih tapi lebih menyakitkan mendengar pacar selingkuh, kalau dia sudah pernah ML dengan mantannya menurut aku itu bagian dari masa lalunya dimana aku harus menerima pasangan aku sepaket yaitu kekurangan dan masalalunya. Hahahha

Wah bijaksana ya cara berpikirnya… Hehe… Kamu merasa dirimu cantik ngga?

Biasa aja sih, kalau ada yang bilang cantik ya makasi aja hahahha tp lebih suka di bilang manis hahaa….

Wah, tips nih untuk yang mau deketin… Jangan bilang Sintia cantik, tapi manis… hahaha…. Apa bagian tubuhmu yang paling kamu sukai? Dan kenapa suka itu?

Apa ya?? Paling suka mata, karena menurut aku jarang ada yg punya mata kayak aku hahhaha.

 

Hahaha… emang kenapa matanya? Bisa ngeluarin laser?

Hahahahaa, bukan gitu .. hanya yang melihat langsung yang bisa ngeliat indahnya. Jadi kalau mau tau harus liat sendiri… hahahaha… Menurut kamu mata aku gimana???

Hmmm… Gimana ya… Hahaha…. Ga berani ngeliatin dalam dalam… Takut terperangkap ga bisa pulang, apalagi kalau kamunya sambil senyum gitu… hahaha… Btw, hobimu kan travelling nih… Di mana tempat yang paling kamu impikan untuk kamu kunjungin?

Hmhm, mengalihkan pembicaraan..hahaha… Iya suka banget sama travelling, dari dulu mimpi pengen banget bisa ke Paris..

Emang ada apaan di Paris?

Paris kan sering dibilang Negara cinta tuh, pengen tau aja bener atau ndaknya. Pengen juga ngeliat menara Eiffel dari dekat, dan pengen foto selfie di depan Menara Eiffel, hahhahaha… Gara-gara nonton film Love in Paris…

 

Hahaha… korban film banget nih…. Tapi gapapa, sebagai inspirasi, cita-cita, dan motivasi dalam menjalani hidup… Oke kita masuk ke pertanyaaan penutup, sekaligus bocoran buat para pembaca yang pengen deketin kamu… Kan kebetulan kamu lagi jomblo nih…. Hehe Apa hal yang harus atau sebaiknya dilakukan cowok saat PDKT sama kamu? Dan apa hal yang biasanya bisa bikin kamu ilfil saat masa PDKT?

Apa ya?? Aku sih paling suka kalo ada cowok PDKT dengan aku yg biasa aja tidak terlalu membanggakan dirinya di depan aku yg berlebihan, nilai plusnya aku yang melihat langsung sendiri bagaimana kepribadian si cowok itu.

Hal yang paling bikin aku ilfil bau badan si cowok dan tingkah lakunya, paling gak suka kalo cowok terlalu lebay.

Oke Sintia… thank you ya uda mau wawancara sama kita… Sukses buat karir dan kisah asmaranya!

 

Nama Lengkap
Ni Kadek Sintia Dewi

Nama Panggilan
Tya

Tanggal Lahir
27 Februari 1994

Twitter
@sintyaadewii

Facebook
Thiyaa Didudedoo

Hobi
Menari dan Travelling

Cita-Cita
Guru atau dosen

Universitas
IHDN Denpasar

Sekolah
SMK Wira Harapan

Editor : Maha Dwija Santya

Tentang Penulis

Maha Dwija Santya

Butuh pawang hujan sekitar Denpasar? Silahkan kontak: @maha_dwija

Lihat Semua Artikel 🌎Lihat Profil Facebook

Komentar

kulkulbali.co

Twitter

Facebook