KulKulBali.co

Berburu Jajan Bali di Kota Klungkung

dalam Kabar > Klungkung

👤2640 read komentar 🕔18 Apr 2017
Berburu Jajan Bali di Kota Klungkung - kulkulbali.co

BERBURU JAJAN BALI DI KOTA KLUNGKUNG

                                   undefined

  

Om swastyastu,

Hallo sahabat culinary !

 

Perkenalkan nama saya Ida Ayu Intan Krisna Dewi,akrab di panggil Dayu intan.Dalam tulisan kali ini,aku bakal bahas tentang kuliner khas klungkung.Berbicara tentang kuliner khas klungkung,pikiran kita pasti gak pernah lepas dari serombotan,makanan lezat asli klungkung yang terdiri dari berbagai macam sayuran segar yang telah di rebus,yakni: kacang panjang,pare,terong bulat,tauge, dan masih banyak lagi,kemudian di atasnya akan disiram dengan bumbu basa serombotan yang memiliki 2 jenis bumbu yaitu,sambal nyuh dan sambel sere limo.

 

Membayangkannya saja udah bikin ngiler ya….

 

Eitss….. tapi tunggu dulu,aku gak bakal bahas tentang serombotan kok.

 

Melainkan aku bakal membahas kuliner yg erat kaitannya dengan hidupku.karena kebetulan aku di lahirkan di keluarga yang sederhana yang bergantung pada hasil penjualan jajan tradisional yang manis dan menggugah selera,dan yg terpenting jajanan ini akan mudah untuk di temukan ketika kamu sedang berwisata ke klungkung.Yuk kita simak selengkapnya!

 

 

 

1)   “BULUNG”

                                     undefined

sumber by:penulis

 

Hallo sahabat culinary jangan ngaku cakes lover kalau belum pernah nyobain jajan khas klungkung yg satu ini!

Kalian tahu gak sih apa itu bulung?dan terbuat dari apa?mmm… sudah kuduga hahahaha        “jadi bulung ini adalah salah satu dessert khas klungkung yg  berbahan dasar dari rumput laut yg hampir mirip dengan agar-agar pada umumnya, namun bulung ini memiliki rasa dan ciri khas yg berbeda karena bulung berbahan dasar dari air rebusan rumput laut kemudian di tambahkan gula aren sebagai pemanisnya,

pengolahan bulung ini memakan waktu sekitar 2-3 jam,sehingga menghasilkan bulung yg berkualitas, bulung yg satu ini mampu bertahan hingga 1 hari dan jika di simpan di dalam lemari pendingin bulung ini mampu bertahan lebih dari sehari lo sahabat!selain itu bulung sangat mudah kita jumpai di kota klungkung,dan harganya juga sangat terjangkau hanya dengan Rp.1000-, kalian sudah dapat menikmati bulung yang manis ini, dan pastinya gak bakalan bikin kantong kalian bolong kok… hehee

2)   “KALIADREM”

 

 

                                            undefined

 

 

 

 

 

Hello cakes lover! Selanjutnya aku mau bahas jajanan sepanjang masa kita nih!

Ingatkah  kalian dengan jajan yg satu ini?

 berbentuk segitiga terkadang bulat yg berwarna kecoklatan dan liat di mulut?yak betul banget jajanan yang aku maksud ini iyalah jajan kaliadrem.

kalian pada tau gak sih apa itu jaje kaliadrem?

“nah jadi jajan kaliadrem merupakan jajanan trasitional  bali yg berbahan dasar dari tepung beras dan bahan sederhana lainnya, dan jaje kaliadrem ini memiliki bentuk yg unik,selain memiliki bentuk yg unik ternyata jaje  kaliadrem merupakan jajanan tradisional sepanjang masa lo sahabat!dan salah satu produsen jajan kaliadrem iyalah ibuku sendiri,dan ibuku sudah menggeluti usaha jajan tradisional khas bali ini selama 12 tahun lo!dan sudah pasti jajan kaliadrem buatan ibuku ini sudah di distribusikan di pasar-pasar tradisional yg ada di kota klungkung. Dan jajan kalidrem ibuku juga memiliki cita rasa yg khas lo guys dimana jajan kaliadrem ibuku ini bertekstur renyah di luar dan liat di dalamnya mmm… pokoknya bikin ngiler deh!

Dan Jajan tradisional yg satu ini memiliki sedikit kemiripan dengan pretzel,sampai-sampai kebanyakan wisatawan asing menyebutnya pretzel ala Bali. Sekilas memang mirip pretzel, karena terdapat lubang pada jajan kaliadrem  yang terkadang jumlahnya satu sampai tiga buah. Umumnya jajan kaliadrem dibentuk seperti donat mini atau berbentuk segitiga kemudian di atasnya di baluri dengan wijen.Dan setiap orang memiliki gaya dan cara menikmati kaliadrem yang manis  ini yakni, sebagai  camilan, peneman kopi dan teh tetapi jajan kaliadrem ini juga di pergunakan sebagai salah satu pelengkap sarana sajian upakara umat hindu lo,”dan gak main-main jajan tradisional yg satu ini memiliki tingkat ketahanan 1-2 mingguan lo cakes lover!dengan hanya membayar Rp.1000-, kalian sudah bisa menyicipi si manis ini lo sahabat!

3)   “JAJE BALI CAMPUR”

                                 undefined

 

                            

Hi! Cakes lover dan yg terakhir aku mau membahas “jajan bali campur”  

Jajan bali campur yg satu ini iyalah jajanan bali yg terdiri dari lak-klak,lukis,sumping,pisang rai,injin,kukus,Dan masih banyak lagi.(kalian bisa merequest jajan bali sesuai selera kalian masin-masing) kemudian di atasnya di lumuri dengan kelapa parut dan gula aren yg sudah di cairkan.yg kemudian di bungkus di dalam daun pisang.Selain itu harga nya juga sangat terjangkau karena hanya dengan Rp.5000-, kalian sudah dapat mencicipi jajanan tradisional ini lo! Complete banget kan sahabat! Beli 1 jajan kalian sudah dapat  mencicipi berbagai macam jajan bali lainnya. kata pepatah sih “sekali dayung 2-3 pulau terlewati” heheee                                        

 

 

Mmmm…. gimana sahabat cakes lover?

Jadi ngiler kan baca tulisan ku!Tapi kenyataannya gak semanis rasa jajanan diatas karena jajanan tradisional ini kian hari semakin di kesampingkan oleh masyarakat akibat adanya jajanan modern yg penuh akan taburan topping dan berbagai varian rasa,Tapi yg perlu kalian ketahui gak cuman jajan yg ada di atas aja lo, yg menjadi ikonnya bali!tapi masih banyak jajan tradisional lainnya pula seperti;cerorot,klepet,bikang,abug,dan masih banyak lagi!

 

 

 

Dan aku sebagai generasi muda punya beberapa saran nih diantaranya:

  1. menurutku  jajan tradisonal ini pantas untuk bersaing dengan jajanan modern lainnya namun produsen harus membuat suatu inovasi-inovasi terbaru contohnya seperti memberi sedikit sentuhan topping,warna, yg sedikit berbeda namun tidak mngurangi ciri khas dari jajan tradisisonal tersebut.contohnya seperti memberikan keju parut,coklat,green tea,marshmello,dll.sehingga dapat menambah nilai jual dan menarik minat pembeli pada jajan tradisional.
  2. Produsen juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan dengan selalu menutup jajanan  yg di jual, agar lalat yg berterbangan tidak dapat menjangkau jajan tersebut.sehingga terjamin kesehatannya.

Nah tentunya jika kalian berlibur ke Bali khususnya ke kota klungkung, maka sempatkanlah untuk mencoba beberapa  kuliner manis ini  yaa! Karena gak lengkap rasanya kulineran ke kota klungkung tanpa di tutup dengan dessert yg manis nan lezat ini! Dan mulailah untuk mencintai produk lokal!

 

            sumber > jero kusuma wati   

              gambar >  kompas.com

                          > Ida Ayu Intan Krisna Dewi

                          > tribunenews

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Maha Dwija Santya

Artikel Lain dari Penulis

Komentar

kulkulbali.co

Twitter

Facebook